LIKE

Rabu, 09 Maret 2011

quran.com - Situs Al-Qur'an Online


Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern yang serba sibuk, kita menjadi terlalu memusatkan kebutuhan diri ke kebutuhan jasmani dan kadang melupakan kebutuhan rohani. Contohnya seperti mengaji/membaca Al-Qur'an, sekarang sudah jarang orang yang membaca karena rutinitas yang begitu padat. Jangankan membaca, memegang pun kadang tidak.


Karena hal tersebut, di sini saya mencoba mencari solusi yang lebih mudah agar kita bisa melakukan rutinitas sehari-hari tanpa meninggalkan membaca Al-Qur'an. Dan bermodal dari sekadar iseng mencari keyword Qur'an di Mesin Pencari Google, saya menemukan suatu situs internet yang berisikan Al-Qur'an lengkap yaitu quran.com.

Situs ini bukan hanya menampilkan ayat-ayat Al-Qur'an saja, tetapi juga dengan pilihan font huruf Arab, transliterasi, dan terjemahannya. Terjemahannya pun sangat lengkap, ada Bahasa Inggris (terdapat beberapa versi, yaitu Sahih International, Muhsin Khan, Pickthall, Yusuf Ali, Shakir, dan Dr. Ghali), Albania, Azerbaijan, Bosnia, China, Ceko, Belanda, Persia, Finlandia, Prancis, Jerman, Hausa, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Melayu, Malayalam, Maranao, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Somalia, Spanyol, Swahili, Swedia, Tatar, Thailand, Turki, Urdu, Uzbekistan, Bengali, dan Tamil.

Juga terdapat pilihan font Bahasa Arab yang ditampilkan, bisa dipilih berupa file berbentuk gambar, file huruf Arab dengan harakat, atau file huruf Arab tanpa harakat. Namun untuk transliterasi baru terdapat satu pilihan yaitu dalam Bahasa Inggris.

Untuk ayat-ayat Al-Qur'an, situs ini sudah sangat lengkap sekali. Dari 30 Juz, 144 Surat, dan 6.666 ayat semua bisa ditampilkan dengan baik. Terdapat pula fasilitas pencarian yang dilengkapi fasilitas SearchTips untuk memudahkan pencarian surat/ayat, arti istilah dalam bahasa lain, dll.

Dengan adanya situs tersebut, saat Anda bekerja dengan internet, bisa sambil membaca ayat-ayat Al-Qur'an, seperti kata sebuah peribahasa "Sambil menyelam minum air". Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian dan juga bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri kritik, saran, dan komentar kalian tentang kiriman saya ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More